Lomba KSM Tingkat MA se Kabupaten Cirebon

      Dalam rangka meningkatkan prestasi siswa dibidang mata pelajaran Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi dan Geografi, telah dilaksanakan lomba KSM tingkat MA se Kabupaten Cirebon yang diselenggarakan di MAN Cirebon I pada tanggal 20 Januari 2015. Lomba KSM tersebut diikuti oleh siswa Madrasah Aliyah Negeri dan Madrasah Aliyah Swasta se Kabupaten Cirebon sebanyak 26 Madrasah mengirimkan peserta untuk lomba dengan jumlah keseluruhan peserta 156 siswa yang terbagi kedalam enam mata pelajaran yang dilombakan. Dalam pembukaan lomba ketua KKM se Kabupaten Cirebon menjelaskan tentang tujuan dari lomba KSM tingkat Madrasah Aliyah.


     Menurut ketua KKM MA se Kabupaten Cirebon,Drs. H. Kumaedi,M.Pd. tujuan dari lomba KSM adalah untuk menjaring siswa yang berprestasi se Kabupaten Cirebon yang akan diikut sertakan dalam KSM tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 April 2015di Kabupaten Garut. Selain itu melalui ajang Kompetisi Sains Madrasah diharafkan adanya tali persaudaraan sesame siswa se Kabupaten Cirebon.

Dari hasil kejuaraan tersebut MAN Cirebon I dapat menorehkan prestasi sebagai berikut:

*  Peringkat 1 KSM Matematika atas nama : Anita Agustin
*  Peringkat 1 KSM Fisika atas nama : Elok Afifah Fitriani
*  Peringkat 1 KSM Ekonomi atas nama : Siti Nurhanisah
*  Peringkat 3 KSM Geografi atas nama : Linda Atika

Dengan adanya KSM MA Tingkat Kabupaten Cirebon diharafkan bias mewarnai dan meraih prestasi dalam lomba KSM tingkat Provinsi bahkan diharafkan meraih prestasi sampai tingkat Nasional.


MAN CIREBON I raih juara terbaik ke 2 pada 2 lomba

Pada tanggal 6 Agustus 2015 siswa-siswa MAN Cirebon I yang aktif dalam ekstrakurikuler seni budaya mengikuti lomba “DRAMA KOLOSAL PERJUANGAN” yang diselenggarakan oleh Komando Distrik Militer 0620 kabupaten Cirebon. Lomba tersebut diikuti oleh seluruh sekolah yang mewakili Komando Rayon Militer se kabupaten Cirebon. MAN Cirebon I mewakili Koramil Weru kabupaten Cirebon. Meskipun waktu yang tersedia untuk pemilihan para pemain, penulisan skenario drama dan waktu untuk latihan dirasakan sempit, siswa-siswa dari ekstrakurikuler seni budaya bertekad untuk menampilkan yang terbaik dalam lomba tersebut. Bapak komandan Koramil Weru kabupaten Cirebon beserta beberapa personilnya memberikan perhatian yang besar baik pada saat sesi latihan menjelang lomba maupun pada hari pelaksanaan lomba “DRAMA KOLOSAL PERJUANGAN” tingkat Kodim kabupaten Cirebon.
Drama perjuangan yang ditampilkan siswa-siswa MAN Cirebon I dari ekstrakurikuler seni budaya berjudul “TRAGEDI WERU BERDARAH” dengan penulis skenario sekaligus sebagai sutradara adalah Hj. Imas Masru’ah, S.Pd, M.Si yang merupakan guru pembina ekstrakurikuler seni budaya MAN Cirebon I. Pembina OSIS MAN Cirebon I H. Muhajirin, M.Pd yang juga merupakan guru bahasa Indonesia turut terlibat baik dalam penelusuran peristiwa dari narasumber maupun dalam penanganan sesi latihan untuk menghadapi lomba tersebut. Dengan bimbingan guru pembina seni budaya dan pembina lainnya, dukungan dari Koramil Weru dan semangat para siswa, akhirnya MAN Cirebon I berhasil menjadi penampil terbaik ke 2 dalam lomba tersebut.
Pada lomba kedua, MAN Cirebon I diberi kepercayaan oleh penyelenggara “EKSKUL COMPETITION BCA” untuk menjadi salah satu peserta dari jumlah peserta yang dibatasi hanya sampai 20 sekolah dari kota dan kabupaten Cirebon. Pada lomba tersebut, MAN Cirebon I menampilkan kemahiran dan keterampilan siswa-siswa yang aktif di ekstrakurikuler olahraga cabang pencak silat tenaga dasar (PSTD) dan ekstrakurikuler hipno-teaching. Pelatih PSTD MAN Cirebon I Bapak Abdul Rojak, M.Ag dan pembina hipno-teaching Ibu Dra. Iis Holiah, M.Pd memberikan bimbingan dan arahan kepada anak didik masing-masing dalam rangka persiapan menghadapi lomba “EKSKUL COMPETITION BCA” se kota dan kabupaten Cirebon. Dari seluruh peserta yang tampil dalam lomba tersebut, siswa-siswa MAN Cirebon I berhasil menjadi juara terbaik ke 2. Penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan pada acara penampilan artis ibu kota Petra Sihombing, Brandon Salim dan‘Air Robot’ di kantor cabang utama BCA kota Cirebon. Piala dan dan piagam penghargaan dari hasil kedua lomba yang diikuti siswa-siswa MAN Cirebon I tersebut diserahkan kepada kepala MAN Cirebon I bapak Drs. H. Kumaedi, M.Pd pada saat upacara bendera hari Senin.

Ekstrakurikuler Gazeteer MAN Cirebon I Pemenang ke 2

Salma Puji Rohimah, salah satu siswa yang aktif di ekstrakurikuler Buletin dan Majalah (Gazeteer) MAN Cirebon I berhasil menempati posisi sebagai pemenang ke 2 lomba Essai Trusmi Group tingkat SMA/sederajat yang diselenggarakan oleh TrusmiGroup Cirebon. Salma Puji Rohimah yang sekarang duduk di kelas XII IPA 2 aktif di ekstrakurikuler Buletin dan Majalah (Gazeteer) MAN Cirebon I yang merupakan wadah bagi siswa-siswa MAN Cirebon I yang memiliki keinginan untuk menyalurkan minatnya sekaligus mengembangkan bakat dan potensinya dalam keterampilan menulis. Pembina ekstrakurikuler Buletin dan Majalah (Gazeteer) MAN Cirebon I, Ibu Ana Deliana, S.Pd mengatakan bahwa Salma memiliki keinginan yang kuat untuk mencoba menguji kemampuannya dalam menulis sehingga Salma memutuskan untuk mendaftarkan diri dalam lomba tersebut. Judul essai yang ditulis oleh Salma dalam lomba tersebut adalah “Batik Warisan Budaya Indonesia”. Dalam essainya, Salma mengkritik sekaligus mengajak generasi muda untuk menunjukkan kepedulian dan rasa memiliki terhadap batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Piala yang diterima Salma sebagai pemenang ke 2 dalam lomba Essai TrusmiGroup tingkat SMA/sederajat tersebut diserahkan kepada kepala MAN Cirebon I, Drs. H. Kumaedi, M.Pd pada acara upacara hari Senin tanggal 31 Agustus 2015.

MOP Kelas X MAN Cirebon I Tahun Pelajaran 2015-2016

Masa orientasi pramuka yang merupakan kegiatan wajib bagi kelas X MAN Cirebon I tahun pelajaran 2015-2016 dimulai pada awal Agustus 2015. Dalam kegiatan pengenalan pramuka ini siswa-siswa kelas X menerima pembekalan secara rutin setiap hari Jum’at. Pemateri-pemateri dalam pembekalan tersebut diantaranya dari Kwarcab Kabupaten Cirebon, TNI, dan juga dari Pembina-pembina serta pelatih pramuka MAN Cirebon I. Selain itu, pengurus OSIS dan siswa-siswa kelas XI dan XII dari ekstrakurikuler-ekstrakurikuler yang ada di MAN Cirebon I dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Masa oriantasi pramuka bagi siswa-siswa kelas X dipandang perlu dan sangat penting sebagai upaya pembinaan dan pembentukan karakter peserta didik agar bertanggung jawab, berani, mandiri, disiplin, terampil dan mampu berkarya yang pada gilirannya diharapkan dapat terus memberikan dorongan yang kuat bagi siswa-siswa baru untuk menjalankan tugas belajar mereka sebagai pelajar MAN Cirebon I. Masa orientasi pramuka ditutup dengan pelaksanaan perkemahan penutupan masa orientasi pramuka yang bertempat di bumi perkemahan Balong Dalem kabupaten Kuningan. Kepala MAN Cirebon I, Drs. H. Kumaedi, M.Pd melepas rombongan peserta dan panitia masa orientasi pramuka yang diketuai oleh pembina pramuka, Bapak Heri Santoso, S.Pd dalam upacara pelepasan. Rombongan melakukan do’a bersama yang dipimpin oleh Drs. H. Hasbullah sebelum pemberangkatan menuju bumi perkemahan Balong Dalem kabupaten Kuningan lokasi penutupan masa orientasi pramuka.